RSS

Manusia Masa Depan

08 Jun

pernahkah terbayang dipikiran kita bagaimana bentuk manusia di masa depan? akankah tetap sama seperti kita saat ini? ataukah ada perubahan bentuk pada manusia masa depan?

di zaman yang serma maju seperti ini semua hal dapat dilakukan dengan teknologi. misalnya hendak berpergian ke suatu tempat seseorang dapat dengan mudah melakukannya dengan naik pesawat, mobil, kereta atau transprtasi lainnya. bandingkan dengan jaman dahulu yang harus berjalan kaki ketika hendak berpergian. dalam kegiatan sehari-hari manusia semuanya juga dapat terbantu dengan adanya teknologi. dahulu kala untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya, misalnya memasukkan ke dalam gudang harus dilakukan dengan diangkat oleh tenaga manusia. bandingkan dengan sekarang yang dapat dengan mudah memindahkan barang menggunakan katrol atau alat pengakut lainnya.

hampir semua aktivitas manusia sudah tidak dilakukan secara manual oleh manusia sendiri, karena semuanya dapat dibantu dengan teknologi. manusia tinggal memasukkan perintah, maka sistem atau mesin yang akan menjalankan perintah tersbut sehingga keinginan manusia dapat terpenuhi.

tidak dapat dipungkiri semakin lama zaman ini semakin maju. selalu ada inovasi yang meringankan pekerjaan manusia. sehingga manusia tinggal bergantung diri kepada alat-alat yang talah diciptakan untuk melakukan pekerjaannya. akibatnya alat yang ada pada manusia sendiri seperti tangan, kaki atau yang lainnya kurang terpakai. karena semua telah terngantikan dengan mesin.

manusia berlomba-lomba menemukan inovasi baru. mereka mengedepankan apa yang ada dalam kepala mereka untuk bekerja. berfikir berfikir dan terus berfikir untuk menciptakan inovasi. bahkan untuk menggunakan hasil inovasi tersebut juga harus berfikir.

semua hal diatas jika dilakukan secara terus-menerus mungkin akan mempengaruhi organ dari manusia. mungkin manusia yang akan datang akan memiliki kepala yang besar, karena mereka senantiasa berfikir untuk menemukan inovasi dan berfikir untuk memasukkan perintah ke dalam sistem atau mesin untuk melakukan pekerjaannya. mulai dari hal yang kecil hingga yang besar, manusia berusaha untuk menemukan cara “automatisnya” yang dibantu dengan mesin, sehingga dapat meringankan pekerjaan manusia.

jika semua pekerjaan dapat dijalankan dengan mesin tanpa manusia melakukannya secara “manual”, bisa jadi pula tangan-tangan yang dimiliki manusia akan mengalami degenerasi. tidak hanya tangan, mungkin kaki manusia juga akan mengalami degenerasi. bagaimana tidak, jika semua pekerjaan manusia cukup dilakukan dengan memasukkan perintah ke sistem atau mesin tanpa harus melakukan “kegiatan fisik.”

mungkin jika digambarkan bentuk manusia masa depan itu akan seperti alien yang saat ini digambarkan manusia, memiliki kepala besar dan tangan serta kaki yang kecil. :)

manusia masa depan

*ini hanya opini dari penulis, jadi apa yang tertulis disini belum teruji akan kebenarannya :)

 
Leave a comment

Posted by on June 8, 2013 in opini, people

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,161 other followers

%d bloggers like this: