Hari Pendidikan Nasional, sudah menasionalkah pendidikan kita?

Hari pendidikan nasional? Hmm… Hari pendidikan nasional sudah diperingati berpuluh-puluh tahun lamanya, dimulai dengan keluarnya Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 tertanggal 28 November 1959, tapi kenapa dipelosok desa-desa dipelosok pulau-pulau pinggiran sana banyak generasi penerus bangsa yang belum bisa merasakan indahnya pendidikan? Bahkan yang dekat dengan kita saja, anak-anak jalanan, anak-anak yang tinggal di bantaran rel kereta api, dibawah jembatan dan anak-anak lainnya yang tinggal dijalanan juga tidak bisa merasakan indahnya pendidikan itu.

Ada yang salah dengan pendidikan kita?? Yaa jelas sekali ada yang salah dengan pendidikan kita. Katanya wajib belajar 9 tahun?? Mana buktinya? Anak-anak jalanan dan gelandangan banyak dari mereka yg masih berusia dibawah 10 tahun. Bahkan banyak dari anak-anak dari pulau-pulau pinggiran atau mereka yang tinggal didaerah pelosok tidak mendapatkam sentuhan tangan pendidika. Sekolah mereka tak ada, jika ada kualitasnyapun sangat kurang mendukung untuk menciptakan generasi unggul. Kenapa mereka tidak mendapatkan pendidikan yang layak jika katanya WAJIB BELAJAR 9 TAHUN??

Mereka juga layak mendapatkan pendidikan 9 tahun itu, layak mendapatkan kemudahan dalam memperoleh pendidikan. kemana perginya dana BOS yang katanya bisa “menggratiskan” biaya sekolah? Ya setidaknya bisa membantu masyarakat kecil golongam ke bawah atau anak-anak yang putus sekolah. Fakta dilapangan banyak anak-anak yang untuk menikmati bangku sekolah dasar saja susah. Banyak anak-anak putus sekolah setelah lulus SD. Sudah baikah kualitas pendidikan kita? Sudah “menasionalkah” pendidikan kita?

Hari pendidikan nasional itu nggak cukup dengan pemerintah mewajibkan upacara benrdera bagi pelajar-pelajar, tapi pemerintah juga harus bisa menginstropeksi dirinya sendiri. Sudahkah pendidikan di Indonesia ini dilaksanakan dengan baik? Sudahkah semua anak-anak generasi penerus bangsa ini mendapatkan pendidikan wajin selama 9 tahun?🙂

semoga dengan adanya hari pendidikan nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei ini bisa menjadi introspeksi pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia ini🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s