Rp 1.000 VS Rp 100.000 | 1 kali lipat VS 27 kali lipat

jika kita dihadapkan dalam dua pilihan antara mau dikasih uang Rp 1.000 atau Rp 100.000, pastilah kita akan memilih untuk dikasih uang Rp.100.000. jelas karena secara nominal nilainya lebih besar. dan dengan uang Rp 100.000 kita bisa mendapatkan barang yang lebih banyak jika kita membelanjakan uang tersebut dibandingkan dengan uang Rp 1.000.

namun jika kita dihadapkan dengan pilihan sholat sendiri atau berjamaah di masjid apakah yang akan kita pilih?  (alhamdulillah, jelas saja kita semua memilih sholat berjamaah di masjid) jika di angkakan mungkin kita dihadapkan dengan dua pilihan 1 kali pahala atau 27 kali pahala. jelas kita pasti akan memilih yang 27 pahala. ini seperti perbandingan jika kita sholat munfarid mendapatkan 1 pahala, maka dengan sholat berjamaah kita mendapatkan 27 kali lipat pahala dibandingkan dengan sholat munfarid.sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

عن ابن عمرة قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم صلاة الجماعة تفضل على صلاة الفذّ بسبع و عشرين درجة (رواه البخار ومسلم)
Artinya: “Dari Ibnu Umar, Rasulullah saw, bersabda: kebaikan salat berjamaah itu melebihi salat sendirian sebanyak 27 derajat.” (HR Bukhari dan Muslim)27lipat

kodrat manusia itu selalu memilih yang lebih besar, namun pada kenyataannya apakah yang kita lakukan saat kita mendengar panggilan adzan untuk melakukan sholat fardhu di masjid? apakah kita tetap melanjutkan dengan kesibukan duniawi kita? ataukah kita tergerak untuk segera mengambil air wudhu kemudian berjalan menuju ke masjid? (alhamdulillah jika kita sudah tergerak untuk melaksanakan sholat ke masjid)

dari abu hurairah radi allahu anhu, rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: siapa yang mendengar panggilan adzan, sedangkan tiada udzur yang menghalanginya untuk memenuhi panggilan tersebut, maka tidak diterima sholat yang dikerjakan. sahabat bertanya, apa itu udzur?, beliau menjawab : takut bahaya atau sakit (shahih sunah abu dawud).

ayoo mari kita ramaikan masjid-masjid kita🙂 jangan sampai masjid hanya ramai pada saat sholat jumat dan bulan ramadha saja, barakah allah itu ada setiap saat bagi hambaNya yang taat🙂

*(melalui tulisan ini saya gunakan untuk mengingatkan pribadi saya sendiri dan juga teman-teman yang menyempatkan membaca tulisan saya ini, semoga bermanfaat🙂 )

2 thoughts on “Rp 1.000 VS Rp 100.000 | 1 kali lipat VS 27 kali lipat

  1. Salah satu nasihat dan pelajaran yang saya dapat dari kakek adalah tidak memikirkan pahala. Tugas kita, katanya, hanya berbuat amal saleh sebanyak mungkin. Jangan memikirkan pahala karena ia hanyalah akibat, atau bahasanya kerennya, efek.

    Tapi memikirkan pahala dalam beribadah bukan berarti salah. Setiap kehidupan ada proses yang dilalui. Sebagaimana ada juga orang yang beribadah karena takut. Tinggal kita lalui tangga demi tangga ke tempat yang lebih tinggi.

    • benar seperti itu🙂
      saya hanya mencoba memotivasi sesama saudara muslim dan tentunya pribadi saya sendiri untuk berlomba-lomba meramaikan masjid untuk sholat berjamaah, karena yang terjadi sekarang ketika adzan dikumandangkan banyak umat islam yang menenggelamkan dirinya dalam kesibukan duniawi🙂

      jazakumullah atas pendapatnya akh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s