Membalas bakti kepada orang tua

“Seorang anak tidak dapat membalas budi kedua orang tuanya kecuali jika dia menemukannya dalam keadaan diperbudak, lalu dia membelinya kemudian membebaskannya.” (Dikeluarkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 10, shahih)
image

Masih ingatkah kita ketika berada dalam kandungan ibu kita selama 9 bulan? Masih ingatkah kita ketika ibu kita dengan susah payah melahirkan kita ke dunia ini? Masih ingatkah kita ketika kita masih dalam gendongan ibu kita? Dibelai-belai penuh rasa cinta dan kasih sayang, dipanjatkan do’a padaNya agar nanti kita menjadi anak yang berbakti dan berguna. Begitu besar kasih sayang ibu kepada kita, berharap anaknya kelak menjadi anakk yang berbakti kepadanya nanti.

Sadarkah kita akan jerih payah ayah kita yang bekerja banting tulang mencari nafkah untuk membelikan kita susu ketika kita masih bayi? Dan bekerja siang dan malam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan kita? Pendidikan kita, masa depan kita? Begitu beratnya beban hidup yang dibawa ayah kita dan berharap anaknya bisa menjadi anak yang memiliki masa depan indah.

Jika sejenak kita renungi begitu besar perjuangan orang tua untuk kita, maka tidak akan mampu kita membalas kebaikan orang tua kepada kita. Yang kita bisa hanyalah berusaha untuk selalu berbakti, berbakti, dan terus berbakti kepada orang tua kita. Berusaha untuk selalu membahagiakan mereka.

Lalu pantaskah jika kita sebagai seorang anak sering kali tidak menuruti perintah orang tua? Pantaskah jika kita hanya mengejar impian kita mencari kebahagiaan duniawi dan melupakan orang tua kita?
Yang masih sekolah selalu berusahalah memberikan prestasi yang terbaik untuk membuat bahagia orang tua kita, jadilah anak yang selalu ada disamping orang tua kita, karena ketika kita nanti sudah memiliki pasangan hidup waktu kita akan banyak kita habiskan dengan pasangan kita. Yang sudah menikah selalu kirimkanlah doa untuk kedua orang tua kita, jenguklah sesekali jika kita ada kesempatan.🙂

Ingat hadits di awal tadi, kita tidak akan pernah bisa membalas jasa-jasa orang tua kita, yang kita bisa hanyalah selalu berusaha untuk membalas semua kebaikannya🙂
Panqtaskah kita jika membalas air susu dengan air tuba kepada orang tua kita? Balaslah dengan hal yang lebih baik, balaslah air susu dengan intan berlian kepada orang tua kita.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s