Semua terjadi atas kehendak Allah, tak perlu untuk berandai-andai

Sering kali kita mengatakan “andai saja saya melakukan ‘itu’ pasti saya akan ‘begini'” “Andai saja saya belajar dengan rajin, pasti nilai saya akan bagus” “Andai saja saya lewat jalan itu tadi, pastilah saya tidak akan jatuh seperti ini”

Sering kali jika kejadian yang mungkin tidak menyenangkan terjadi pada diri kita, secara tidak sadar mulut kita mengatan “seandainya…………”
Perlulah kita sadari, apa yang terjadi pada kita adalah sesuai dengan kehendak Allah.
Misalnya kita jatuh dari motor, kita kecopetan, kita jatuh sakit, atau kejadian yang lainnya itu semua sudah Allah yang atur sejak sebelum kita dilahirkan ke bumi ini

“Kemudian diutuslah Malaikat kepadanya untuk meniupkan ruh di dalamnya, dan diperintahkan untuk menulis empat hal, yaitu menuliskan rizkinya, ajalnya, amalnya, dan celaka atau bahagianya” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Semua kebahagiaan dan celaka kita sudah Allah gariskan saat ruh kita memasuki badan kita. Satu buah jatuh dari pohonnya juga atas seizin Allah. Allah mengatur hal yang mungkin menurut kita kecil. Dengan Allah mengizinkan buah jatuh dari pohonnya, Allah sudah menggariskan untuk ditemukannya teori relativitas oleh einstein. Jika hal yang kecil saja diatur oleh Allah, apalagi urusan kita? Semua sudah Allah atur🙂

Jika kita tertimpa musibah? Bersabarlah Allah sedang menguji keimanan hambaNya
Jika kita celaka menghampiri kita, Allah sudah menentukan ada kebaikan dibalik itu semua.

Sering kali kita berdoa memohon kebaikan kepada Allah, namun yang datang justru keburukan yang datang kepada kita. Apakah kita marah? Jangan, Allah sudah menakdirkan keburukan itu terjadi. Bisa jadi dengan keburukan itu Allah menghapus dosa-dosa kita. Bisa jadi dengan keburukan itu Allah mengiatkan kita agar semakin tekun dalam beribadah dan berdoa padaNya.

Percayalah kawan, setiap kejadian yang kita alami itulah kehendak Allah. Baik itu kejadian yang membuat hati bahagia, senang, benci, sedih ataupun marah itu semua sudah kehendakNya. Kita sebagai hambaNya hanya perlu bersabar saat mendapatkan yang tidak sesuai dengan keinginan dam bersyukur saat apa yang kita inginkan bisa didapatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s